Kamis, 29 Oktober 2015

Jebolan Barcelona B Yang Bersinar di Klub Lain | Ball Itu Bola


Barcelona memang tidak pernah putus melahirkan pemain muda berbakat. Sebelum menunggu dipanggil tim utama pemain muda tersebut biasanya masuk di tim Barcelona B.

Barcelona B merupakan pemain cadangan dari tim utama Barcelona yang mayoritas dihuni para pemain muda. Tim ini berkiprah di kompetisi di divisi Segunda, satu kasta di bawah La Liga.

Namun tak semua pemain dari tim tersebut mendapatkan kesempatan dipanggil ke tim utama. Ada beberapa pemain jebolan Barcelona B yang justru sukses di klub lain seperti yang dilansirkan oleh Judi Online.

1. Nolito - Celta Vigo


Nolito adalah salah satu pemain yang performanya sedang menanjak di La Liga, setelah mencetak tujuh gol dan tiga assist hanya dalam sembilan pertandingan musim ini. Hal tersebut membuat sejumlah klub Premier League serta pelatih Barcelona Luis Enrique menaruh perhatian besar kepada dirinya.

Nolito, yang sudah mengoleksi empat caps internasional bersama timnas Spanyol selama setahun terakhir, menghabiskan tiga tahun di tim Barcelona B antara tahun 2008 dan 2011. Ia kemudian dijual ke Benfica setelah hanya tampil dua kali di tim Barcelona.

2. Mikel Arteta - Arsenal


Kapten Arsenal ini sempat tampil dalam 42 pertandingan di tim Barcelona B sebelum dipinjamkan ke PSG musim 2001/02 dan kemudian dijual ke Ranger di musim panas berikutnya. Ia pernah memperkuat Real Sociedad dan Everton sebelum pindah ke Emirates Stadium 2011.

Meski mempunyai kemampuan hebat namun Arteta tak pernah sekalipun dipanggil timnas senior Spanyol. Arteta yang saat ini berusia 33 tahun sedang memasuki masa akhir dalam karirnya.

3. Gerard Deulofeu - Everton


Gerard Deulofeu meninggalkan Barcelona di musim 2013/14 untuk bergabung dengan Everton secara pinjaman setelah tampil dua kali di tim senior Barca. Petualangannya di Goodison Park ternyata berjalan dengan sukses setelah mengantarkan Everton menembus Liga Europa.

Namun Deulofeu tak mampu mengulangi performa cemerlang saat dipinjamkan ke Sevilla musim lalu. Akibatnya winger 21 tahun itu gagal meyakinkan Barcelona untuk memakai jasanya lagi dan dilepas secara permanen ke Everton pada awal musim ini.

4. Iago Falque - AS Roma


Perjalanan karir Iago Falque termasuk salah satu yang paling rumit setelah meninggalkan Barcelona. Ia sudah pernah memperkuat banyak klub seperti Juventus, Villarreal (pinjaman), Tottenham, Southampton (pinjaman), Almeria (pinjaman), Rayo Vallecano (pinjaman), Genoa dan sekarang Roma diusia yang baru menginjak 25 tahun.

Kepindahan Falque menuju Genoa sangat disyukuri mengingat ia hanya satu kali tampil di Premier League setelah tiga tahun menetap di London Utara. Falque rupanya berjodoh dengan Italia setelah mencetak 13 gol untuk Genoa musim lalu dan hal tersebut membuat Roma tak ragu memboyongnya ke Olimpico di awal musim ini.

5. Roberto Trashorras - Rayo Vallecano


Trashorras sempat membuat 100 penampilan lebih di tim B Barcelona tetapi tak pernah berhasil menembus tim utama. Kemudian ia mengambil langkah kontroversi dengan pindah ke Real Madrid B pada tahun 2003.

Setelah gagal membuat terobosan di Madrid, Trashorras melambung bersama beberapa tim dari divisi La Liga dan Segunda, sebelum akhirnya menemukan rumahnya di Rayo Vallecano pada 2011. Gelandang berusia 34 tahun tersebut saat ini merupakan wakil kapten dan pemain nomor 10 di Los Vallecanos.

6. Oriol Romeu - Southampton


Klub-klub Inggris dalam beberapa tahun belakangan ini kerap membajak pemain lulusan La Masia. Contohnya Hector BellerĂ­n, Cesc Fabregas dan Gerard Pique yang bergabung dengan klub Premier League di usia yang sangat muda.

Cerita yang sama datang dari Oriol Romeu. Ia bergabung ke Chelsea di tahun 2011 dari Barcelona B dan namanya mencuat bersama Andre Villas-Boas. Setelah peluang bermain di Stamford Bridge semakin terbatas, Romeu memutuskan pindah dengan status pinjaman ke Valencia dan Stuttgart, sebelum pindah secara permanen ke Southampton di musim panas ini. Romeu kini sudah dimainkan 10 kali oleh The Saints di semua ajang kompetisi.

7. Joan Verdu - Fiorentina


Selalu menjadi andalan di Barcelona B, Joan Verdu kesulitan menembus tim utama. Akibatnya ia harus menyingkir dari Camp Nou dan mengembangkan karirnya bersama tim lain di La Liga.

Verdu sempat berlabuh di Deportivo La Coruna, Espanyol, Betis, Baniyas hingga sampai di Fiorentina. Gelandang berusia 32 tahun itu baru dimainkan empat kali di semua ajang kompetisi dan mencetak satu gol.

8. Victor Vazquez - Club Brugge


Victor Vazquez merupakan Pemain Terbaik Belgia tahun lalu. Penghargaan tersebut diraihnya setelah melihat penampilan cemerlangnya bersama Club Brugge yang finis di posisi kedua Liga Profesional Belgia dan menenangkan Piala Belgia di musim 2014/15.

Vazquez pernah menjadi andalan di Barcelona B dengan membuat 118 penampilan. Ia hijrah ke Club Brugge pada tahun 2011 setelah tak mendapat kesempatan beraksi di tim utama Barcelona.

9. Jonathan Soriano - Red Bull Salzburg


Jonathan Soriano memulai karir melalui akademi di Espanyol sebelum pindah ke Barcelona pada tahun 2009. Dari tahun 2009-2012, Soriano mampu mencetak 55 gol hanya dalam 79 pertandingan, tetapi dengan adanya pemain hebat seperti Zlatan Ibrahimovic, David Villa dan Lionel Messi tentunya sulit bagi Soriano masuk dalam rencana Josep Guardiola.

Setelah gagal menembus tim utama, Soriano pergi ke Austria untuk bergabung Red Bull Salzburg. Ternyata bomber 30 tahun itu terus produktif di depan gawang dengan mencetak 100 gol dari 113 pertandingan di liga.

10. Denis Suarez - Villarreal


Manchester City merekrut Denis Suarez pada tahun 2011. Setelah dua musim di Etihad Stadium, Barcelona memboyong Suarez dan kemudian menaruhnya di Barcelona B untuk mengembangkan kemampuannya.

Tak pernah mendapat kesempatan bermain di tim utama Barcelona, Suarez lantas dipinjamkan ke Sevilla sebagai bagian dari transfer Ivan Rakitic di musim lalu. Setelah tak punya masa depan di Camp Nou, Suarez hijrah ke Villarreal dan kini menjadi pemain reguler di El Madrigal.

Related Posts

Jebolan Barcelona B Yang Bersinar di Klub Lain | Ball Itu Bola
4/ 5
Oleh