Selasa, 13 Juni 2017

5 Liga Sepakbola Termahal di Asia Tenggara, Indonesia Urutan Berapa?

Harus diakui kompetisi sepakbola Asia Tenggara masih yang terlemah baik di tim nasional maupun di klub jika mengambil tolak ukur benua Asia sebagai perbandingan. Sulitnya bersaing di level tertinggi menjadi bukti.


Kini, sepakbola Asia Tenggara mulai berbenah dan perubahan sejak level klub yang notabene merupakan fundamental penting sebagai cikal bakal untuk memiliki tim nasional yang tangguh.


Liga-liga sepakbola di Asia Tenggara mulai mempercantik diri karena insan-insan lokal mulai sadar bahwa sepakbola bukan lagi hanya sekadar olahraga, melainkan punya potensi yang bisa lebih dikembangkan dari sisi bisnis, politik maupun sejumlah kepentingan tertentu lainnya. Dan apabila semua itu dikelola dengan cara yang tepat maka hasilnya pun bisa menghadirkan dampak positif.


Berikut adalah lima liga sepakbola termahal di Asia tenggara yang memiliki total nilai pasar tertinggi sepanjang tahun 2017 menurut data Transfermarkt.



1. Toyota Thai league
Liga Thailand sudah berkembang pesat sejak tahun 2010. Mereka memiliki liga sepakbola paling berkembang di Asia Tenggara. Dalam laman resmi AFC per 4 Juni 2017, Liga Thailand menjadi liga terbaik di kawasan ASEAN atau masuk 10 besar liga terbaik di Asia.



Menurut  data transfermarkt.co.uk, Liga Thailand menjadi yg termahal di Asia Tenggara, Toyota Thai League 1 yang merupakan kasta tertinggi sepakbola Thailand memiliki total nilai pasar sebesar 51,77 juta pounds (sekitar Rp 872 miliar) di tahun 2017.

2. Gojek traveloka liga 1


Sepakbola Indonesia yang baru pulih dari berbagai permasalahan sebelumnya telah mampu bangkit dari keterpurukan untuk mengejar ketertinggalan dari liga sepakbola negara kawasan Asia Tenggara lainnya.


Dengan gerak cepat para pemangku kepentingan (stakeholder) sepakbola Indonesia, Kasta tertinggi sepakbola nasional langsung bisa menjadi liga ke-2 termahal di Asia Tenggara. Di musim 2017 ,total nilai pasar Liga 1 2017 adalah sebesar 40,10 juta pounds atau sekitar Rp 674 miliar.

3. Malaysia Super League

Malaysia merupakan negara yang langsung bergerak cepat untuk memulihkan liga sepakbola mereka untuk semakin profesional. Kasta tertinggi sepakbola Malaysia saat ini memiliki total nilai pasar dibawah kasta tertinggi sepakbola Indonesia yaitu sebesar 22,97 juta pounds atau sekitar Rp 404 miliar.

4. Myanmar National league


Sepakbola Myanmar saat ini juga sedang berkembang pesat. Sepakbola Myanmar kini sudah bisa bersaing dengan negara-negara sepakbola papan atas Asia Tenggara. Saat ini, kasta tertinggi sepakbola Myanmar dengan nama Myanmar National League merupakan liga sepakbola termahal ke-4 di Asia Tenggara dengan total nilai pasar 15,56 juta pounds atau sekitar Rp 269 miliar.

5. Great Eastern- Hyundai S. League

Great Eastern- Hyundai S. League merupakan kasta tertinggi liga sepakbola Singapura. Liga sepakbola negara maju di Asia tenggara ini memiliki nilai pasar sebesar 10,24 juta pounds atau sekitar Rp 169 miliar.

sumber http://c.uctalks.ucweb.com

Related Posts

5 Liga Sepakbola Termahal di Asia Tenggara, Indonesia Urutan Berapa?
4/ 5
Oleh